qvida
qvida
qvida
qvida
qvida
qvida
Home | Sitemap | FAQ Search :
Member Select
User ID
Password
Hijau Tua Pencegah Kanker
29 Aug 2008

Jangan lupakan brokoli pada setiap menu makan Anda ! Ternyata, sayuran berwarna hijau tua yang mirip dengan bunga kol itu tak hanya segar dimakan, namun bermanfaat besar untuk kesehatan. Sayuran dengan nama latin Brassica oleracea italica dipercaya dapat memingkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi dan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Brokoli signifikan mengurangi resiko masalah jantung dengan melindunginya dari radikal bebas, inflamasi, dan tekanan darah tinggi. Kandungan seratnya yang tinggi membantu mengurangi kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein) yang menyebabkan pengerasan pembuluh darah, peningkatan resiko jantung koroner dan stroke.

Peneliti dari Universitas Rutgers menginjeksi tikus di laboratorium dengan Turneric (Curcumin) dan PEITC (phenethyl lisothiocyanate), yang secara alami ditemukan pada sayuran golongan cruciferous yang salah satunya adalah brokoli, setelah pemberian sel kanker prostat manusia pada subjek uji baik pemberian secara tunggal maupun keduanya.Telah dilaporkan bahwa Turmeric dan PEITC telah menghambat pertumbuhan sel tumor.

Menurut Institut Penelitian Makanan (Food Research Institute) di Inggris, Brokoli mengandung unsur kimia bernama sulforaphane yang diyakini dapat menekan perkembangan kanker. Diperkuat oleh penelitian dari Dr. John Talalay dari Universitas John Hopkins yang membuktikan bahwa sulforaphane merupakan senyawa alami yang akan meningkatkan daya tahan tubuh dengan aksi meningkatkan enzim yang akan merusak senyawa yang berpotensi terhadap timbulnya kanker.

Brokoli sprout, berpotensi 20 kali lebih besar terhadap peningkatan sistem imun tubuh. Ternyata, kandungan brokoli sangat banyak. Brokoli juga mengandung Indole-3-carbinol yang akan mengubah metabolit berbahaya estrogen sebagai mata rantai kanker payudara. Berita gembira untuk kaum hawa, karena beberapa kanker yang muncul pada organ reproduksi wanita adalah berhubungan dengan terlalu tingginya kadar estrogen dalam tubuh.

Peneliti dari Universitas Illinois di Chicago mengatakan bahwa senyawa kimia alami anti kanker banyak terdapat pada sayuran. Para peneliti mengatakan bahwa brokoli dapat mencega kanker payudara. “Hanya tamoxifen, obat yang dapat mencegah kanker payudara pada wanita yang beresiko tinggi terhadap penyakit tersebut, namun yang dapat mencegah tumor yang disebabkan estrogen adalah hanya “pil brokoli”- yang dapat mencegah semua bentuk tumor. Brokoli dapat melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel tumor penyebab kanker, demikian kata peneliti dari Amerika yang dilaporkan dari kantor berita Reuters.
 
Apakah tampilan website menarik ?
Menarik
Kadang-kadang
Tidak menarik

View result
Copyright © 2008 by QVida. All Rights reserved     Disclaimer