Dapatkah Vitamin D Mencegah Osteoartritis ?
2 Mar 2009
Sebuah tim peneliti di Inggris melakukan penelitian klinis yang menemukan bahwa mengkonsumsi vitaminD dapat mencegah osteoartritis. Penelitian terhadap 600 orang dengan osteoartritis pada lutut dibiayai sebanyak £500,000 grant (€728,300) oleh Arthritis Research Campaign.
Osteoartritis merupakan salah satu bentuk artritis yang dialami oleh 1 juta warga Inggris yang pada umumnya adalah lanjut usia. Penyakit tersebut tidak diobati, tetapi mereka hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri.
Para peneliti di Royal National Orthopaedic Hospital (RNOH) di Stanmore, Middlesex, dan University College, London, mengamati bahwa pemberian vitamin D dalam menu makan berupa tablet ataupun suplemen dapat menghentikan keparahan osteoartritis pada sendi lutut dengan pencegahan terhadap kerusakan kartrilago dan menurunkan nyeri. Para pasien akan diamati dalam penelitian selama tiga tahun, dan kerusakan kartilago diukur dengan menggunakan sinar X. Penelitian dilakukan pada tiga kota yang lain di Inggris yaitu Manchester, Norwich dan Southampton.
“Kami mengharapkan bahwa penelitian ini akan membawa kemajuan nyata bagi pasien oateoartritis”, demikian kata Keen, seorang konsultan rematologi yang memimpin penelitian di RNOH. “Kami berharap dengan pencegahan peningkatan dari penyakit tersebut, pasien akan mengalami penurunan nyeri sendi dari osteoartritis”, tambah Keen.
Keen menuturkan bahwa suplemen vitamin D juga memiliki manfaat kesehatan yang lain, yang juga dinilai selama penelitian berlangsung. Dengan peningkatan jumlah orang lanjut usia, dan meningkatn ya usia harapan hidup, jumlah orang yang mengalami osteoartritis pun diperkirakan akan meningkat secara dramatis pada tahun 2009.
Data terbaru dari penelitian di Amerika meyakini bahwa rendahnya jumlah vitamin D dalam darah berhubungan dengan teori wear and tear pada kartilago sendi pada lutut dan pinggul. Penggantian sendi akhir-akhir ini hanyalah sebagai pilihan untuk mengurangi nyeri dan kekakuan pada osteoartritis.
