qvida
qvida
qvida
qvida
qvida
qvida
Home | Sitemap | FAQ Search :
Member Select
User ID
Password
Kopi Menurunkan Risiko Stroke
7 Mar 2009

Memang sangat nikmat, duduk santai di sore hari sambil merokok dan menikmati kopi. Namun tahukah Anda, bahwa kopi memiliki efek positif bagi kesehatan, namun efek itu tak akan bermanfaat bagi perokok ?

Konsumsi kopi secara teratur mengurangi risiko stroke pada wanita, demikian kata penelitian terbaru. Penelitian yang dipublikasikan dalam  Circulation: Journal of the American Heart Association memperlihatkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 4 atau lebih cangkir kopi sehari mempunyai risiko 20% lebih rendah mengalami stroke dibandingkan wanita yang mengkonsumsi kurang dari satu cangkir kopi per bulan. Mengkonsumsi 2 atau 3 cangkir kopi per hari mengurangi risiko hingga 19%, sedangkan mengkonsumsi 5 cangkir hingga 7 kali seminggu mengurangi risiko sebanyak 12%.

Para peneliti menganalisa data dari 83,076 wanita yang berpartisipasi dalam  Nurses' Health Study. Partisipan memulai studi pada tahun 1980 dengan tanpa riwayat stroke, penyakit jantung, diabetes, atau kanker. Setiap dua hingga empat tahun, partisipan wanita mengisi kuisioner frekuensi makanan yang dikonsumsinya. Selama penelitian yang berlangsung selama 24 tahun, 2.280 wanita tercatat mengalami stroke.

Manfaat dari kopi sangat terlihat pada seseorang yang tidak merokok. Pada wanita yang tidak merokok atau berhenti merokok, mengkonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih kopi sehari berhubungan dengan penurunan sebanyak 43% risiko terhadap stroke. Pada wanita yang merokok, mengkonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih hanya mengalami penurunan risiko terhadap strok sebanyak 3%.

“Manfaat potensial kopi tidak berpengaruh terhadap kesehatan jika seseorang mempunyai kebiasaan merokok,” kata Esther Lopez-Garcia, pemimpin penelitian dan seorang profesor di bidang pengobatan preventif di Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol. Pada perokok yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi, efek baik kopi tidak akan berpengaruh pada kesehatan.

Manfaat kopi untuk kesehatan bukan berasal dari kafein yang dikandungnya. Para partisipan yang mengkonsumsi teh dan softdrink mengandung kafein tidak mengalami penurunan yang sama pada risiko stroke. “Berdasarkan hipotesis, komponen kopi yang lain dibandingkan dengan kafein adalah yang memiliki manfaat potensial terhadap penurunan risiko stroke,” kata Lopez-Garcia. “Antioksidan dalam kopi menurunkan peradangan dan peningkatan fungsi pembuluh darah”, tambahnya. 

“Efek positif kopi hanya dapat dirasakan oleh orang sehat”, kata Lopez. “Setiap orang yang mempunyai masalah kesehatan bisa lebih buruk kondisinya jika mengkonsumsi kopi (insomnia, kepikunan, hipertensi, dan masalah jantung).

Data hasil penelitian harus diperhatikan oleh para wanita yang memiliki faktor risiko stroke. Minum kopi tidak akan menghilangkan faktor risiko itu.
Apakah tampilan website menarik ?
Menarik
Kadang-kadang
Tidak menarik

View result
Copyright © 2008 by QVida. All Rights reserved     Disclaimer