Singkirkan Kanker Payudara dengan Kedelai
4 May 2009
Kebiasaan mengkonsumsi
kedelai sejak kecil ternyata mengurangi risiko kanker payudara hingga 58%. Hal tersebut menguatkan bukti bahwa kedelai mempunyai efek perlindungan terhadap kanker payudara.
''Konsumsi kedelai sejak anak-anak secara signifikan mengurangi risiko kanker payudara,'' kata Dr. Larissa Korde dari
National Cancer Institute dalam penelitian yang dimuat jurnal
Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention.
Para peneliti mewawancarai 1600 wanita etnis China, Jepang, dan Filipina. Sekitar 600 wanita menderita kanker payudara, sisanya sehat. Para peneliti menanyakan tentang pola konsumsi kedelai sejak masa kanak-kanak.
Hasilnya, wanita yang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah besar sejak kecil, risiko kanker payudara berkurang hingga 58% dibanding wanita yang sedikit mengkonsumsinya. Efek perlindungan lebih lemah jika mengkonsumsinya pada saat remaja, namun kedelai tetap saja member perlindungan sebesar 25%.
Konsumsi kedelai juga member perlindungan kepada wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara. “Kedelai mengandung isoflavon dengan karakteristik mirip hormon estrogen yang mengubah jaringan payudara,” kata Korde. Pengujian dengan hewan menunjukkan bahwa kedelai membantu jaringan payudara dewasa lebih cepat dan menahan agen pemicu kanker.
Kanker payudara menyerang sekitar 1,2 juta pria dan wanita di seluruh dunia dan membunuh sekitar 500 ribu orang.
