Fakta Baru Makanan Penangkal Penyakit
1 Jun 2009
WORTEL – penyelamat kulit dan jantung
Peneliti di National Cancer Institute, AS menemukan bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi karotenoid (pigmen yang ada di wortel) memiliki enam kali lebih kecil risiko terkena kanker kulit.
SEREAL – penangkal kanker
Konsumsi 30 gram serat sehari mengurangi risiko kanker payudara hingga 50%. Riset The National Institue of Health, AS juga membuktikan, makan sereal setiap hari menurunkan risiko gagal jantung hingga 28%.
BROKOLI – pencegah kanker serviks
Kandungan asam folat yang tinggi pada brokoli menghentikan virus pencetus kanker serviks. Demikian riset yang dilakukan oleh University of Alabama, AS.
BAYAM – pelindung mata
The National Institute of Health, AS menemukan, mereka yang mengkonsumsi cukup lutein yang banyak ditemukan pada daun berwarna hijau seperti bayam, 43% lebih kecil berisiko mengalami masalah penurunan terhadap penglihatan.
TEH HIJAU – penjaga payudara
Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Gail Sonenshein, ahli biokimia dari Boston University, AS, teh hijau dapat mencegah kanker payudara terutama yang diakibatkan faktor lingkungan. Hal tersebut karena kandungan polifenol yang tinggi di dalamnya.
GRAPEFRUIT – penangkal kanker paru
Satu buah grapefruit sehari dapat menurunkan risiko terkena kanker paru hingga 50%. Grapefruit mengandung naringin, yang membantu menurunkan kadar enzim penyebab kanker.
SALMON – pelindung sendi
Salmon mengandung omega 3 dosis tinggi yang baik untuk jantung, mencegah radang sendi serta meningkatkan pertahanan terhadap kanker. Salmon juga kaya protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang dibutuhkan tulang.
RED WINE – penghambat penuaan dini
Stress oksidatif memegang peranan penting dalam mempercepat penuaan dini. Antioksidan di dalam red wine, yang disebut resveratrol diketahui dapat membantu menetralkan radikal bebas penyebab stress oksidatif pemicu penyakit seperti kanker, diabetes, jantung, stroke, dll.
