Asam Amino Nabati Menurunkan Tekanan Darah
28 Jul 2009
Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskuler lainnya. Dengan menurunkan tekanan darah Anda, akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Menurut Para peneliti dari Feinberg School of Medicine of Northwestern University di Chicago, satu dari asam amino yang banyak dijumpai pada protein nabati, yaitu asam glutamat yang membantu menurunkan tekanan darah.
Tim penelitian menganalisis data dari 4.680 orang yang berpartisipasi dalam penelitian diet bertaraf internasional. Para partisipan berasal dari beberapa negara meliputi Amerika, Cina, Jepang, dan Inggris. Para peneliti menemukan bahwa 4,72% lebih banyak asupan asam glutamat sebagai porsi total dari diet protein menghasilkan 1,5 – 3 poin penurunan dalam rata-rata tekanan darah sistolik dan menghasilkan 1 – 1,6 poin tekanan darah diastolik yang lebih rendah.
“Penurunan nilai tersebut memang tidak terlalu signifikan, namun tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskuler lainnya. Penurunan nilai tersebut dapat memangkas risiko kematian karena stroke sebanyak 6% dan kematian akibat jantung koroner sekitar 4%,” demikian kata Dr. Jeremiah Stamler, seorang profesor dari Fakultas Kedokteran Feinberg.
Ian J. Brown dari Imperial College London dan salah seorang anggota tim dari penelitian tersebut mengatakan bahwa diet tinggi protein yang berasal dari sayuran seperti buncis, biji-bijian, produk kedelai, dan gandum dapat menurunkan tekanan darah. Stamler menambahkan bahwa asam amino dalam protein yang terdapat dalam sayuran mendukung pengaturan tekanan darah. Diet tinggi protein nabati dan rendah protein hewani sangat bermanfaat dalam pengaturan tekanan darah. “Asam glutamat adalah asam amino terbanyak dari semua asam amino, 23% ditemukan dalam protein nabati dan 18% dalam protein hewani.
Para peneliti memperingatkan, hasil penelitian ini tidak bisa digunakan sebagai pernyataan bahwa suplemen asam glutamat bagus digunakan sebagai suplemen diet. “Kami membuat pernyataan yang jelas bahwa tidak ada data ditemukan bahwa suplemen asam glutamat memberikan nilai manfaat bagi kita,” demikian Dr. Stamler menegaskan.
Sumber : http://www.ajc.com/health/content/shared-auto/healthnews/blpr/628747.html Juli Juli 2009
